Waspada! Benua Australia Terus Bergerak Mendekati Indonesia

[​IMG]

Dari sejumlah data diketahui jika benua di selatan Indonesia bergeser 7 sentimeter ke arah utara. Pergeseran ini terjadi karena pergerakan lempeng Bumi. Hal ini tentunya membuat benua Australia terus bergerak mendakati Indonesia.

Sebelumnya , Australia memang menjadi salah satu negara yang berada di atas lempeng tektonik yang memiliki pergerakan paling cepat dan bertumbukan dengan Lempeng Pasifik yang setiap tahun bergerak 11 sentimeter.

AKIBATNYA

Pergeseran benua Australia dan Indonesia ini akan memberikan efek yang membahayakan berupa gempa bumi berkekuatan besar .

Gempa bumi yang akan terjadi ini bisa berkekuatan 8,1 yang melanda utara Pulau Macquarie pada tanggal 23 Desember tahun 2004.

Menurut data, sejak tahun 1994 Benua Australia telah bergeser ke sebelah utara sejauh 1,5 meter. Oleh karena itu, para ilmuwan Negeri Kanguru itu kembali menghitung posisi Garis Bujur dan Garis Lintang negara mereka.

Sementara menurut pejabat Geoscience Australia, Dan Jaksa, pembaruan data ini sangat penting sebab ada perbedaan antara posisi saat ini dengan koordinat yang dipakai oleh Global Navigation Satellite Systems, seperti GPS.

” Garis benua memang tetap, tapi seiring berjalannya waktu, posisi itu dibandingkan dengan posisi GPS dapat membuat perbedaan, sehingga kita sangat perlu mengubahnya,” tutur Jaksa.


EmoticonEmoticon