i360, Menara Observasi Tertinggi di Dunia

[​IMG]

Jika kamu punya kesempatan ke Inggris, mampirlah ke kota Brighton. Di sana ada obyek wisata baru yang harus kamu kunjungi khususnya bila kamu penggemar ketinggian. Namanya menara i360, sebuah menara setinggi 162 meter. Menara observasi ini adalah yang tertinggi di dunia.

Jarak tempuh dari London sekitar satu setengah jam. Menara ini dibuat oleh maskapai British Airways. Namun teknis pembangunannya dilakukan oleh firma arsitek Marks Barfield yang juga membuat bianglala London Eye. Bentuk menara tampak seperti tiang vertikal yang menjulang ke langit, dengan area observasi yang tampak seperti donat.

[​IMG]

Nama i yang ada di depan memiliki arti intelligence, innovation dan integrity (kecerdasan, inovasi dan integritas). Pembangunannya pun membutuhkan waktu 12 tahun, dimulai dari waktu perancangan. Bahan pembuatannya adalah 17 baja berbentuk tabung yang memiliki total berat hingga 900 ton. Sedangkan menara observasinya dibuat dari 24 bagian kaca buatan Italia.

“Kami telah membuat gondola gantung vertikal pertama di dunia, menara observasi bergerak yang tertinggi di dunia, menara paling ramping di dunia,” ujar Chief Executive i360,” Eleanor Harris seperti ditulis dari Detik.

[​IMG]

Menara ini dapat menampung hingga 200 traveler sekali naik. Kamu hanya perlu membayar 13,50 Poundsterling (Rp 236 ribu) atau 6,75 Poundsterling (Rp 118 ribu) untuk anak-anak. Usai naik, traveler juga bisa langsung main air di pantai yang terletak persis di depan menara.


EmoticonEmoticon