Cara Mengatasi Masalah Program Not Responding

Kali ini admin akan memberikan solusi masalah program atau software not responding yang sering dihadapi saat mempunyai laptop, netbook maupun pc. masalah not responding memang tidak asing bagi yang mempunyai perangkat tersebut.


Saya juga sering mengalami hal tersebut. masalah ini sering kali membuat saya malas atau tidak mood lagi menggunakanya. namun setelah browsing di google, masalah tersebut jarang terjadi atau bahkan masalah tersebut tidak pernah terjadi lagi. 
Jika sobat mengalami masalah tersebut, sobat tidak usah pusing mengatasi hal tersebut. biasanya memori RAM penuh, virus dll. tanpa basa - basi lagi, berikut cara mengatasinya :
1. Aplikasi terlalu berat
jika sobat ingin menginstal aplikasi pada komputer, harap sesuaikan dengan kemampan atau kekuatan pada pc sobat. misainya pc sobat hanya memiliki kapasitas memori RAM 1GB, sobat instal aplikasi yang memiliki spesifikasi minimm 2GB, akibatnya aplikasi tersebut mengalami not responding.

solusinya : uninstal atau copot pemasangan aplikasi tersebut.

2. Menjalankan aplikasi secara bersamaan
membuka aplikasi secara bersamaan memang sangat efisien, sobatdapat melanjutkan tugas atau aktivitas tersebut secara bersamaan, tetapi ini membuat memori RAM terlalu penuh sehingga dapat membuat salah satu program atau seluruh program mengalami not responding.
solusinya : sobat buka  aplikasi yang diperlukan pada saat itu, selesaikan aktivitas atau kegiatan menggunakan aplikasi tersebut. kemudian buka aplikasi lain setelah menutup program tadi.

3. Memori RAM penuh
memori RAM memiliki fungsi untuk penyimpanan sementara aplikasi yang dijalankan. jika memori RAM sobat penuh , maka aplikasi tidak dapat merespon keinginan sobat semua. sehingga program not responding.
solusinya : matikan atau hentikan aplikasi yang berjalan. pilih aplikasi yang diperlukan saja untuk digunakan. 

4. Tampilan dekstop berlebihan
dalam dekstop biasanya kita membuat icon shortcut aplikasi dan widget untuk memudahkan dalam memilih program. membuat icon tersebut memang membantu kita. tetapi masih dalam batas wajarnya. namun, banyak sekali yang membuat icon shortcut dan widget di dekstopnya. itu membuat kapasitas RAM penuh untuk membaca icon tersebut.

solusinya : buat icon aplikasi yang sering digunakan dan widget yang diperlukan seperti : pengukur kepanasan prosesor, pengukur memori RAM dll


5. Terkena virus atau malware

virus memang hal yang sangat menjengkelkan. virus memiliki cara kerja yang berbeda -beda seperti autorun, berjalan saat di buka saja, dll. virus sangat merugikan bagi semua orang. jika pc-nya terkena virus, pasti ingin marah - marah sendiri dll. biasanya virus membuat kapasitas RAM dan harddisk sobat menjadi penuh, padahal tidak untk menyimpan atau menjalankan program.

solusinya : pasangi antivirus yang sobat percaya dapat mengatasinya, menginstal ulang pc dan hapus penyimpanan pada harddisk agar bersih.

jika sobat melakukan semua solusi yang saya berikan , insyaallah masalah not responding tidak terjadi lagi pada pc sobat.

semoga bermanfaat, terima kasih.


EmoticonEmoticon